1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer>

Insani Berita

Dua Petugas Haji Menikah di Masjidilharam

Selasa, 12 Desember 2017 22:50

Di tengah-tengah kesibukan pemulangan jemaah haji, dua petugas haji Indonesia menikah di Masjidil Haram, Mekah Al Mukaramah, Arab Saudi. Kedua petugas haji yang menikah itu merupakan petugas yang tergabung dalam Balai Pengobatan Haji Indonesia (BPHI).

Kedua petugas haji bersepakat menikah setelah cinta di antara keduanya bersemi dalam "cinta lokasi" (cinlok) selama dua bulan bertugas. Kedua insan berbahagia ini dinikahkan secara resmi oleh K.H. Ahmad Jamhuri Al-Banjari di Masjidilharam, Senin (21/12) bakda salat isya waktu Arab Saudi.

Kedua sejoli ini adalah Suud Ibrahim bin Haji Rahim (25) berasal dari Bone, Sulawesi Selatan yang lahir dan besar di Maluku Utara. Ia bertugas di Tim Kesehatan Sektor 8 Bakhutmah. Sementara pasangannya Miftahul Janah (28), bertugas sebagai apoteker di Balai Pengobatan Haji Indonesia (BPHI). Pernikahan keduanya di Masjidilharam disaksikan Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) yang juga menjabat sebagai Konsul Teknis Urusan Haji Konjen RI Jeddah, Syairozi Dimyahti.

Setelah melakukan akad nikah di Masjidilharam, keduanya melakukan acara "walimatul ursh" atau resepsi sederhana yang diadakan rekan-rekan serta pihak maktab di kantor BPHI Jln. Sheikh Ash-Hasan Masahat, Kholidiyah. Dalam acara yang digabung dengan perpisahan petugas tim kesehatan BPHI dan PPIH itu juga dihadiri Wakil Ketua PPIH Bidang Kesehatan sekaligus Ketua BPHI dr. Barita Sitompul, Kepala PPIH Daerah Kerja Mekah Subakin Abdul Muthalib dan Kepala BPHI Daker Mekah dr. Anita.

"Ini adalah untuk pertama kalinya terjadi petugas haji Indonesia menikah di Mekah. Sejak tahun 1986 sampai sekarang belum pernah ada," kata Ketua PPIH Syairozi Dimyahti dalam sambutannya.

Sementara Kepala Sektor 8 Bakhutmah, Ahmad Danial Hafidz mengatakan, dalam enam tahun dirinya menjadi petugas haji belum pernah ada sesama petugas yang menikah. "Saya memang diberitahu Su`ud mau menikah di Masjidilharam. Saya sarankan untuk meminta izin kepada Kepala Daker Mekah yang memiliki wilayah. Alhamdulillah, tadi sudah terlaksana di Masjidilharam," jelasnya.

Demikian pula Kepala Daker Mekah Subakin Abdul Muthalib mengaku terkejut ada keinginan menikah di Masjidilharam. Alasannya, sejak dirinya pertama bertugas dari tahun 1986 hingga 2009 ini belum pernah ada petugas menikah di Mekah. "Yang saya agak suprise lagi adalah ketika ini yang pertama kali saya bertugas memimpin Daker Mekah," ujarnya.

Dalam acara itu, Suud Ibrahim mengenakan pakaian khas Arab Suadi, yaitu gamis dan sorban kotak-kotak hitam. Sementara Miftahul Jannah mengenakan pakain kerudung warna coklat. Keduanya langsung melakuka tukar cincin dan memberikan potongan kue kepada rekannya yang menjadi saksi.

"Awalnya saya itu terkesan dengan Miftahul, karena dia itu cerewet tapi ya pinter. Awalnya saat sama-sama pelatihan di Asrama Haji Pondok Gede. Agak sebel juga tapi kok lama-lama berubah. Hingga pada suatu sore, saya memberanikan diri `menembak` dia," tutur Suud kepada MCH di ruang kerja Wakil Ketua III Bidang Pelayanan Kesehatan PPIH Arab Saudi Dr. Barita Sitompul di kantor Teknis Urusan Haji, Jeddah, Senin (21/12) siang.

Setelah Ashar, saat "break" pelatihan di Asrama Haji, Suud mengajak Miftahul untuk jalan bareng menuju kantin. Saat itulah Suud dengan hati yang berdebar-debar tapi penuh keyakinan mengucapkan niatnya untuk serius berhubungan dengan Miftahul. "Bismillah, saya yakinkan diri saya dan saya ucapkan niat saya. Ya akhirnya keluarlah maksud hati saya," kata petugas bidang anastesi dan UGD Rumah Sakit Islam Ternate tersebut.

Selanjutnya...

Sikapi dengan Arif Jemaah Non-Kuota

Selasa, 12 Desember 2017 22:50

Menteri Agama RI Drs. H. Suryadharma Ali meminta masyarakat untuk menyikapi dengan arif masalah jamaah haji non kuota. Berhaji di luar kesempatan yang diberikan Departemen Agama. Depag menurutnya tidak mempunyai wewenang untuk mengizinkan atau tidak mengizinkan mereka untuk menunaikan rukun Islam ke V.

Selanjutnya...

Jemaah Haji Tahun Depan Seragam Batik

Selasa, 12 Desember 2017 22:50

Kebijakan baru seragam haji akan diterapkan musim haji tahun 2010 mendatang. Jika selama lima tahun jemaah haji mengenakan seragam berwarna telur asin atas usulan Menag Maftuh Basyuni, maka Menag Suryadharma Ali akan menerapkan seragam batik utuk identitas jemaah haji Indonesia sejak tahun 2010 mendatang.

Selanjutnya...

Tunggu Laporan Tim Medis

Selasa, 12 Desember 2017 22:50

Hari wukuf, sebagai prosesi puncak ibadah haji, dipastikan jatuh pada Kamis,  26 Novermber 2009.  Kepala Daerah Kerja Mekkah, HM Subakin mengharapkan dua hari sebelum pelaksanaan wukuf di Padang Arafah itu pihaknya  mendapat laporan dari tim medis tentang calon jemaah haji (calhaj) yang perlu disafari wukufkan atau tidak.

Selanjutnya...

Penipu di Masjidil Haram Gentayangan

Selasa, 12 Desember 2017 22:50

Para jamaah calon haji yang kini tengah berada di kota suci Makkah al Mukaramah diingatkan untuk lebih berhati hati dan waspada berkenaan dengan terjadinya beberapa kali tindak kejahatan yang menuimpa jamaah calon haji Indonesia.

Selanjutnya...

Pembuat Pintu Emas Kakbah Wafat

Selasa, 12 Desember 2017 22:50

Jakarta (MCH). Syekh Ahmad bin Ibrahim Badar, pemimpin seniman perajin emas yang membuat pintu emas Kakbah, wafat dalam usia 89 tahun di Mekah hari Jumat. 6 November lalu. Salat jenazah dilaksanakan Sabtu, 7 November kemarin di Masjidi; Haram.

Selanjutnya...

Tanpa Barcode Dicabut Izinnya

Selasa, 12 Desember 2017 22:50

Perusahaan penyelenggara perjalanan ibadah haji program Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) Khusus yang dulunya lebih dikenal dengan nama ONH Plus diancam ditutup, dicabut izinnya bila tidak menyelesaikan urusan biaya hotel, katering, transport dan muasasah di Arab Saudi.

Selanjutnya...

PEMBAYARAN

Pembayaran ke Rekening PT. DIAN NUSA INSANI
BANK SYARIAH MANDIRI (BSM) KC WARUNG BUNCIT
7000 366 816/US Dollar -- 7000 366 808/Rupiah

Pusat Kajian Hadis

PUSAT KAJIAN HADIS
Oleh
DR. A. Lutfi Fathullah, MA

You must have Flash Player installed in order to see this player.

Mutiara Hadits

 

Dari Abu Hurairah ra:
Sesungguhnya Rasulullah saw telah bersabda: "Berumrah dari satu umrah ke umrah selanjutnya merupakan pengampunan dosa antara keduanya. Sedangkan haji yang mabrur tidak ada ganjaran yang layak kecuali surga".
 

Insani Ym


Info Insani

Marketing Insani


Kami memiliki 93 Tamu online

Kajian Hadits

METODE BELAJAR INTERAKTIF
HADIS & ILMU HADIS

Untuk pemesanan silahkan hubungi kami.