1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer>

Insani Berita

Lima Alternatif Perjalanan Seru di Istanbul

Selasa, 12 Desember 2017 22:50

alt 

Istanbul merupakan tempat modern yang menawarkan kekayaan sejarah serta panorama pemandangan yang menakjubkan. Dan, berikut hal-hal yang dapat dilakukan secara bebas jika Anda telah memutuskan untuk melakukan perjalanan ke Turki, seperti dilansir News, Jumat (1/11/2013):
 
Nikmati Perjalanan dari Taksim Square ke Istiklal Avenue
Ambilah waktu terbaik selama satu jam untuk sekadar berjalan dari Taksim Square ke Istiklal Avenue karena ini merupakan pusat bisnis serta hiburan. Di kawasan ini juga terdapat monumen pahlawan nasional Turki, seperti Mustafa Kemal Ataturk dan pendiri lain dari Republik Turki modern.
 
Sementara, Istiklal merupakan rumah untuk pedagang Kristen dan diplomat Eropa yang masih dilapisi konsulat serta gereja. Di tempat ini Anda akan menemukan sekelompok pedagang asing serta alunan musik yang berasal dari toko-toko ataupun kafe sepanjang jalan ini. Setelah itu, Anda harus pergi mengunjungi Galata menggunakan kereta bawah tanah. Di Galata Anda akan menemukan pemandangan yang mendebarkan.
 
Spice Market
Melintasi jembatan Galata, pada abad ke-17 merupakan awal dari Spice Market atau bazaar Mesir. Di tempat ini Anda akan melihat kios-kios yang menjual beragam rempah-rempah serta buah kering juga permen. Anda akan disapa oleh pemilik toko yang bisa mengucapkan 15 bahasa berbeda-beda. Anda juga bisa mencicipi secara gratis apa yang dijual di tempat ini.
 
Berjalan kaki sekira 20 menit mengarah ke Beyazit Square dimana merupakan rumah di abad ke-15 yang tercantum dalam Situs Warisan Dunia PBB. Bazaar ini terdiri dari labirin-labirin dengan lorong tertutup yang menjual kerajinan tradisional, karpet atau kulit, serta perhiasan. Aktivitas yang terjadi di sini biasanya pedagang dan penjual saling melakukan prosesi tawar-menawar.
 
Masjid dan gereja
Turki sangatlah unik karena letaknya di antara Benua Asia dan Eropa. Terjadi pula penyebaran dua agama, yaitu Islam dan Kristen. Di Istanbul sendiri, tersebar beberapa situs agama yang terdiri dari sebagian Islam dan sebagian lagi Kristen. Sebagian dari pengunjung Muslim biasanya memilih berada di dalam Masjid Biru yang sangat bersejarah. Masjid ini terdiri dari enam menara dan kubah serta lantai yang berwarna biru. Sementara itu di Balat Istanbul adalah rumah bagi berbagai gereja Kristen, di antaranya Gereja St George, katedral utama Yunani Ottodoks Patriarkat Ekumenis, juga St Anthony of Padua Church yang terletak di Istiklal Avenue.
 
Berjalan sepanjang Bosporus
Menghubungkan Laut Hitam dengan Laut Marmara yang kemudian membagi dua Istanbul ke Eropa serta Asia, terdapat kapal-kapal tanker yang berlayar melalui Selat Malaka. Berjalan ke arah utara menuju Jembatan Bosporus, Anda akan melihat bangunan rumah di sisi pantai. Anda akan melihat pemandangan yang mengesankan Selat Malaka dan sekilas jika tepat waktunya Anda akan melihat lumba-lumba tengah bermain.
 
Pulau Princess
Meskipun pengunjung membayar sekitar USD2 untuk sampai ke pulau yang terletak di Laut Marmara, ini sebanding dengan budaya multikultural Turki yang dapat dilihat di sini. Awalnya, pulau ini merupakan tempat pengasingan di era Bizantium, yaitu minoritas Kristen dan Yahudi Turki, yang menetap di pulau ini. Menariknya, pulau ini Anda bisa mendaki puncak bukit untuk sampai ke biara yang sudah ada di abad ke 12 dari St George. Bisanya, penduduk setempat akan menyalakan lilin dan membuat permohonan di dalam biara ini.

 

Sumber : okezone.com

Melancong ke Eks Kerajaan Ottoman

Selasa, 12 Desember 2017 22:50

 alt

Negara yang terletak di antara benua Asia dan Afrika ini memang tetap masih menjadi destinasi favorit. Karena, bekas Kerajaan Ottoman itu memiliki banyak destinasi wisata yang menarik dan unik.

Kota Izmir, misalnya. Di kota terbesar negara ini, banyak terdapat pantai nan indah. Tak heran jika daerah ini menjadi tujuan turis saat berada di Turki.

Namun yang tidak boleh Anda lewatkan adalah menyusuri Terusan Bosphorus atau yang disebut Bosphorus Cruise. Dengan tiket seharga tujuh lira, pengunjung bisa menyusuri terusan yang menghubungkan Laut Mati dan Laut Marmara tersebut. Ini dengan menggunakan kapal berkapasitas 1.500 penumpang dalam waktu tempuh 1,5 jam.

Selama perjalanan, pelancong dimanjakan dengan keindahan bangunan bersejarah di sepanjang terusan. Antara lain, Galasa Tower yang digunakan pendatang Jenewa untuk mengawasi kapal-kapal mereka. Wisatawan juga bisa melihat Istana Dolmabache dari kejauhan. Istana ini merupakan tempat wafatnya pahlawan Turki bernama Mustafa Kemal Ataturk pada 1938.

Kapal yang terbagi menjadi tiga dek ini akan melintas di bawah Jembatan Bosphorus yang dibangun pada 1973. Jembatan ini menghubungkan sisi Asia dan sisi Eropa. Turki terletak di kedua sisi benua tersebut. Ada pula Kuleli Military High School atau Sekolah Tinggi Militer Turki yang digunakan pada zaman Kerajaan Ottoman.

Bosphorus Cruise ini berakhir di Pelabuhan Rumeli. Ini berarti pengunjung telah memasuki sisi timur Istanbul. Di sekitar pelabuhan ini banyak sekali restoran yang menghidangkan makanan khas Turki. Wisatawan dapat menikmati makanan sambil ditemani embusan angin laut.

Bagi para wisatawan yang gemar berbelanja bisa mengunjungi mal tertua di Istanbul, yaitu Akmerkez. Pelancong juga bisa singgah di Kanyon yang merupakan tempat perbelanjaan terbaru di kota ini. Berbagai barang dari merek terkenal di dunia didapatkan di mal yang memiliki arsitektur unik ini.

Setiap akhir pekan, Kanyon kerap mengundang musisi andal di Istanbul untuk menghibur pengunjung. Ada pula mal terbesar di Eropa, yakni Cevahir. Bahkan, sejak 2005 bangunan ini ditetapkan sebagai mal terbesar di dunia. 


Sumber : okezone.com

Melihat Keajaiban Alam Cappadocia Turki

Selasa, 12 Desember 2017 22:50

title 

Turki memiliki pesona alam menarik. Negara yang dikenal sebagai transkontinental menawarkan Cappadocia menjadi daya tarik.

Cappadocia memiliki arti “Tanah kuda-kuda yang indah” berada di wilayah Tengah Turki di Provinsi Nevsehir. Cappadocia merupakan hamparan tebing luas dan menawan, lembah dan dataran yang menampakkan keindahan alami.

Keunikan pesona alam Cappadocia membuat UNESCO meresmikannya menjadi salah satu Situs Warisan Dunia.

Wisatawan menjadi semakin tertarik dan merasa nyaman karena keramahan penduduk setempat. Cappadocia memang bisa ditempati penduduk. Batu-batu yang dilubangi merupakan tempat tinggal yang telah mulai dihuni sejak abad ke-11.

Di Pasabag, terdapat banyak cerobong asap yang terbuat dari batu alami. Cerobong asap yang lebih besar berada di desa-desa seperti Urgup, Uchisar dan Ortahisar. Di wilayah ini, dahulu berdiri pengawal yang melawan serangan dari luar.

Di lembah-lembah Goreme, Mustafapasa dan Ihlara, pengunjung berjalan melalui lembah berwarna yang berliku-liku untuk melihat kapel kuno yang dihiasi dengan lukisan dinding berwarna-warni yang menggambarkan Kristus, Perawan Maria dan orang-orang kudus.

Di Cappadocia, tidak boleh melewatkan naik balon udara. Menikmati keindahan Cappadocia yang menawan melalui balon udara tentu menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Meski demikian, kehidupan penduduk di Cappadocia adalah salah satu hal yang tak bisa dipisahkan dari alam yang indah ini. Banyak anak-anak yang bermain di sepanjang lorong batu desa di daerah itu. Para petani masih mengangkut produk mereka dengan keledai, dan wanita-wanita berusia lanjut masih menyiapkan makanan dalam oven kuno berupa batu berlubang.

Untuk ke Cappadocia, Anda bisa menggunakan bus. Dari Istanbul, jarak dapat ditempuh sekria 12 jam. Tetapi jika ingin lebih dekat, Anda bisa naik bus dari Ankara yang berjarak tempuh 6 jam. Dilansir Tourismturkey, Kamis (16/4/2015).

 

Sumber : okezone.com

 

Beda umroh paket hemat dan normal

Selasa, 12 Desember 2017 22:50

Normalnya, saat ini, biaya untuk umroh kisaran USD 2.000 (termurah) sampai USD 3.000. Atau dirupiahkan sekitar Rp 20 juta hingga Rp 40 juta. Dengan biaya sebesar itu, jamaah sudah bisa umroh dengan fasilitas terbaik yang memuaskan.

Namun ada pula travel yang menawarkan biaya umroh di bawah harga normal paling rendah, yakni di kisaran USD 1.500 hingga USD 1.800. Tentu saja jika dihitung-hitung dengan biaya murah seperti itu, akan kurang untuk memenuhi fasilitas yang didapatkan jamaah. Untuk harga tiket pesawat saja paling murah USD 1.200 atau sekitar Rp 12 jutaan.

Banyak pemilik travel resmi yang mengeluhkan persaingan harga yang tidak sehat. Paket hemat umroh murah yang ditawarkan dianggap tidak masuk akal. Selain itu cenderung adanya penipuan terhadap jamaah.

"Kalau dari asosiasi travel resmi yang menawarkan paket murah itu tidak boleh di bawah USD 1.850. Tidak masuk akal juga kalau ada travel yang menawarkan di bawah harga tersebut. Imbasnya tentu kepada pelayanan yang diberikan," kata Amin Ahmad, Direktur Utama Balubaid travel.

Benar memang yang dikatakan Amin, paket murah terkadang menawarkan harga yang sulit diterima akal. Hitung-hitungan fasilitas umroh yang diperlukan jamaah tidak sesuai dengan biaya yang dikeluarkan. Banyak fasilitas yang dikurangi sehingga menyebabkan jamaah terlantar. Pengurangan fasilitas dimulai dari saat pemberangkatan dengan menggunakan pesawat yang sering transit dan gonta-ganti.

Di Balubaid travel sendiri, Amin tidak berani memberikan harga umroh paket murah jika pelayanan kepada jamaah jadi minim. Karena menurutnya biar bagaimanapun jamaah harus mendapatkan fasilitas yang memuaskan. Jika pun ada fasilitas yang dikurangi itu hanya pada hotel tempat menginap jamaah.

"Jika normalnya jamaah di hotel bintang 5, maka jamaah paket murah hanya di hotel bintang 3. Fasilitas hotel yang dimiliki juga tidak terlalu berbeda jauh," jelas Amin.

Tidak jauh beda, Khalifa Hajj, travel haji dan umroh bentukan Asia Wisata, juga sangat mementingkan fasilitas jamaahnya. Paket umroh termurah di Khalifa Hajj tahun ini sebesar USD 1.950. Namun dengan paket murah tersebut, Khalifa tidak tergoda menggunakan pesawat murah yang sering transit.

"Untuk paket termurah, pesawat kita hanya transit satu kali. Ke depan kita akan gunakan pesawat yang langsung ke Madinah, bukan ke Jeddah dulu. Jadi dalam pengertian kita, murah itu tidak hanya diukur dari harga tapi juga pelayanan dan fasilitasnya," jelas Novia Syahidah, Marketing Communication Asia Wisata.

Ketika memilih paket umrah murah, sebaiknya jangan hanya terpaku pada harga yang ditawarkan. Tapi perhatikan juga fasilitas yang diberikan. Bisa jadi harga yang tertera sangat murah namun ternyata fasilitasnya mengecewakan. Misalnya perjalanan transit dulu di suatu tempat hingga menyita waktu dan tenaga.

Kemudian penginapan yang ala kadarnya, bahkan kapasitas untuk 4 orang ternyata diisi 5 orang. Atau penginapan yang jaraknya jauh dari Masjidil Haram. Ditambah pembimbing yang tidak profesional. Itu bisa terjadi, serta wajar untuk harga yang sangat murah.

Perbedaan paket hemat dan umroh normal memang terletak pada fasilitas dan pelayanan yang diberikan. Namun, jamaah juga berhak mendapatkan fasilitas yang sesuai. Paling tidak, jamaah tidak terlantar di Tanah Suci dan bisa pulang ke Tanah Air dengan selamat.

Biaya Umroh yang normal tahun 2015:
1. Tiket pesawat Jakarta-Jeddah (PP) : Rp 12.800.000 - Rp 15.250.000
2. Hotel Madinah per orang : Rp 700.000 - Rp 4.200.000
3. Hotel Mekkah per orang : Rp 800.000 - Rp 6.300.000
4. Biaya makan di Mekkah dan Madinah : Rp 900.000 - Rp 4.800.000
5. Biaya Visa : Rp 790.000 - Rp 1.200.000
6. Sewa Bis : Rp 700.000 - Rp 1.000.000
7. Snack : Rp 640.000 - Rp 750.000
8. Air zam-zam : Rp 100.000 - Rp 300.000
9. Airport tax : Rp 45.000 - Rp 100.000
10. Handling, muthawif, supir, porter : Rp 150.000
11. Pembimbing : Rp 750.000 - Rp 1.200.000
12. Manasik : Rp 950.000 - Rp 1.500.000
13. Admin travel : Rp 700.000 - Rp 2.000.000

Total biaya: Rp 20.075.000 - Rp 38.950.000

 

Sumber : Merdeka.com

Menag Ajukan Kuota Dasar

Selasa, 12 Desember 2017 22:50

Menag Ajukan Kuota Dasar

JEDDAH - Menteri Agama Suryadharma Ali meminta Arab Saudi mengembalikan kuota dasar jamaah haji Indonesia sebanyak 211 ribu orang. Pada penyelenggaraan haji yahun 2013, kuota itu terpangkas 20 persen dengan alasan perluasan kompleks Masjidil Haram.

Pemangkasan bukan hanya menimpa Indonesia tetapi juga negara-negara lainnya. Pengajuan kembali ke kuota dasar disampaikan saat Suryadharma bertemu Menteri Haji Arab Saudi Bandar bin Muhammad Hajjar, di Jeddah, Arab Saudi Selasa (21/1).

Ada empat isu yang dibahas yaitu kuota jamaah haji Indonesia, lanskap penyeleggaraan haji, pelayanan di Arab Saudi dan pengenalan e-hajj atau sistem elektronik jamaah haji terpadu. Pembahasan mendalam fokus pada dua hal yaitu kuota dan e-hajj.

"Kami meminta tak ada potongan kuota lagi dan kembali ke kuota dasar," kata Suryadharma dalam pernyataan yang diterima Republika. Menurut dia, permintaan ini sangat beralasan. Sebab, pada musim haji 2013 lalu, pelaksanaan ibadah tawaf dan sai berjalan lancar.

Mengenai isu e-hajj, Suryadharma menyarankan pelaksanaan program itu ditunda hingga 2015. Pada tahun ini sebaiknya baru dilakukan sosialisasi dan uji coba. Prinsipnya, ia mendukung e-hajj karena membantu efektivitas pelayanan dan efisiensi biaya pemondokan.

Tak hanya itu, sistem ini ia yakini melahirkan transparansi khususnya bagi pemilik pemondokan yang disewakan ke jamaah Indonesia. Namun, kata Suryadharma, belum terlihat kesiapan sumber daya manusia serta integrasi sistem di masing-masing negara.

Belum adanya integrasi ini, akan melahirkan masalah penyelesaian visa mesti memanfaatkan e-hajj. "Kami meminta penangguhan hingga 2015 karena risiko gagalnya besar. Dan Indonesia, pengirim jamaah haji terbesar," kata Suryadharma.

Dari Tanah Air, Anggota Komisi VIII DPR, Ace Hasan Syadzily mendorong agar pemerintah bernegosiasi dengan Arab Saudi soal kuota jamaah haji ini. "Dalam rapat kemarin, kami meminta Menteri Agama mengusulkan kuota dasar haji sebelum dikurangi 20 persen."

Ia menuturkan, saat kunjungan Komisi VIII pada musim haji tahun lalu, ternyata dua dan tiga Masjidil Haram telah dibuka dan bisa dipakai. Hal ini akan berpengaruh pada beban kapasitas Masjidil Haram dan dapat mengurangi daftar tunggu jamaah haji Indonesia.

Pemerintah Arab Saudi belum memastikan akan mengabulkan permintaan Indonesia. Menteri Haji Arab Saudi Bandar bin Muhammad Hajjar mengatakan kuota haji tahun 2014, kemungkinan masih tetap dipotong sebesar 20 persen untuk jamaah di luar Arab Saudi.

Sedangkan pemangkasan kuota jamaah dari Arab Saudi besarnya mencapai 50 persen. "Kecil kemungkinannya untuk mengembalikan ke kuota dasar sampai selesai rehabilitasi Masjidil Haram tahun 2016." jelas Bandar. Berdasarkan evaluasi Pemerintah Arab Saudi, kata Bandar, musim haji tahun 2014 kemungkinan belum bisa kembali ke kuota dasar. Misalnya seperti kuota dasar Indonesia yang semula 211 ribu jamaah. Mengenai layanan e-hajj, ia sepakat dengan usulan Suryadharma Ali.

Pemerintah Arab Saudi akan menguji coba sistem ini hingga April 2014. "Kami melakukannya sebelum memutuskan meneruskan atau menunda e-hajj pada 2015," katanya.

 

Sumber : Republika, Kamis 23 Januari 2014   

Silaturrahmi Keluarga Besar Calon & Jamaah Umrah dan Haji PT. Dian Nusa Insani

Selasa, 12 Desember 2017 22:50

Assalamu'alaikum Wr Wb

Puji Syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberi kenikmatan sehat lahir dan batin pada kita semua, sehingga sampai detik ini kita masih dapat menjalankan aktifitas seperti biasanya. Shalawat dan Salam semoga selalu tercurah kepada Baginda Rasulullah Muhammad SAW, keluarga serta para sahabatnya, aamiin.

Untuk mempererat tali silaturrahmi kita yang telah terbina, bersama ini kami mengundang Bapak & Ibu untuk menghadiri acara silaturrahmi seluruh Keluarga Besar Alumni Jamaah Umrah dan Haji PT. Dian Nusa Insani, yang Insya Allah akan diadakan pada:

  • Hari,Tanggal   : Sabtu, 8 Desember 2012 / 24 Muharram 1434 H
  • Waktu             : Jam 09.30 WIB s/d selesai
  • Bertempat       : Komplek Masjid Al-Mughni, Jl. Gatot Subroto Kav. 26
  • Acara               : Silaturrahmi Keluarga Besar Calon & Jamaah Umrah dan Haji PT. Dian Nusa Insani

Besar harapan kami kedatangan Bapak & Ibu tepat pada waktunya. Keterangan lebih lanjut dan konfirmasi kehadiran Bapak & Ibu dapat menghubungi kami di nomor telepon:

- office : (021) 79195808 / 79195809

- mobile : 0813 8627 9830 ( Ibu Ichi )

- mobile : 0813 8343 4982 ( Irma )

Atas perhatian dan kehadirannya kami haturkan terima kasih.

Wassalamu'alaikum Wr Wb

Bentengi Diri dari Penyakit Menular, Saat Ibadah Haji

Selasa, 12 Desember 2017 22:50

Jakarta: Ibadah haji adalah ibadah yang syarat dan rukunnya ketat. Selain itu, dalam pelaksanaannya diperlukan stamina fisik dan mental yang baik. Itu berarti kesehatan menjadi salaj satu syarat untuk dimiliki calon jemaah haji.

Ibadah haji yang diikuti oleh jutaan orang dan dengan terkumpulnya banyak orang tentu risiko penularan penyakit meningkat. Karena itu perlu dilakukan upaya pencegahan penyakit, salah satu yang utama adalah melakukan vaksinasi.


"Yang diwajibkan adalah vaksin meningitis. Selambat-lambatnya dua minggu sebelum berangkat sudah divaksin supaya antibodi sudah terbentuk sempurna. Perlindungan dari vaksin ini akan bertahan tiga tahun," kata dr.Iris Rengganis, Sp.PD dari Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI/RSCM Jakarta dalam acara seminar Sehat dan Bugar Melaksanakan Ibadah Haji, di Jakarta, belum lama ini.


Vaksin influenza meskipun tidak diwajibkan juga bisa dilakukan karena penularan penyakit influenza sangat mudah terjadi di sana. Menurut Iris, lebih dari 90 persen kematian karena influenza dialami oleh jemaah haji berusia di atas 60 tahun. Penyakit menular lain yang bisa terjadi adalah penyakit yang dibawa jemaah haji dari tanah air, misalnya TBC. Iris menyarankan agar calon jemaah haji bersikap jujur kepada dokter jika mengidap penyakit tertentu.


"Kalau ketahuan ada TBC maka pemerintah Saudi mewajibkan jemaah haji dikarantina dan akan langsung dipulangkan begitu ibadahnya selesai," imbuhnya.


Upaya lain untuk mencegah penularan adalah dengan menjaga kekebalan tubuh, yaitu dengan makan yang baik, menggunakan masker, tidur cukup, serta mengonsumsi suplemen vitamin atau imunomodulator. Jemaah haji juga diharapkan tidak memaksa umrah berkali-kali sebelum pelaksanaan ibadah haji untuk mencegah kelelahan saat saat puncak ibadah haji.


Mengingat tahun 2012 ini kuota untuk jemaah haji berusia lanjut atau di atas 60 tahun ditambah, jemaah haji disarankan untuk melakukan pemeriksaan fisik jauh hari sebelum berangkat haji karena mereka rentan mengalami kelelahan.


"Persiapan fisik idealnya tiga bulan sebelum keberangkatan. Misalnya dengan rutin berjalan kaki dan mencukupi makanan bergizi," kata dr.Nina Kemala Sari, Sp.PD, dari divisi Geriatri FKUI pada kesempatan yang sama.


Para lansia juga rentan mengalami stres fisik dan metabolik sehingga mudah terserang infeksi, cedera, mengalami masalah psikologi, hingga kematian.(kompas)

 

Sumber : http://haji.kemenag.go.id


PEMBAYARAN

Pembayaran ke Rekening PT. DIAN NUSA INSANI
BANK SYARIAH MANDIRI (BSM) KC WARUNG BUNCIT
7000 366 816/US Dollar -- 7000 366 808/Rupiah

Pusat Kajian Hadis

PUSAT KAJIAN HADIS
Oleh
DR. A. Lutfi Fathullah, MA

You must have Flash Player installed in order to see this player.

Mutiara Hadits

 

Dari Abu Hurairah ra:
Sesungguhnya Rasulullah saw telah bersabda: "Berumrah dari satu umrah ke umrah selanjutnya merupakan pengampunan dosa antara keduanya. Sedangkan haji yang mabrur tidak ada ganjaran yang layak kecuali surga".
 

Insani Ym


Info Insani

Marketing Insani


Kami memiliki 94 Tamu online

Kajian Hadits

METODE BELAJAR INTERAKTIF
HADIS & ILMU HADIS

Untuk pemesanan silahkan hubungi kami.